Beberapa Hal Pada Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan yang Perlu Dicermati

Pada perkembangan bayi usia 2 bulan, tentulah pasti ada beberapa hal yang perlu kita cermati dengan seksama, tetapi sebelum kita mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan, kita juga perlu mengetahui sebenarnya mengapa banyak orang yang mengatakan bahwa perkembangan bayi usia 2 bulan merupakan hal kunci untuk perkembangan bayi pada bulan-bulan kedepannya. Sebernarnya hal itu karena pada usia 2 bulan, sang bayi menunjukan perkembangan yang akan menjadi awal yang cukup signifikan dan pada usia 2 bulan juga kemampuan motorik bayi mulai berkembang dan sang bayi juga sudah mulai bisa melihat warna dari yang asalnya pernglihatannya hanya berwarna hitam putih, sang bayi juga sudah mulai bisa mengingat suara dari orang tua yang selalu berada di sampingnya.

memasuki perkembangan  bayi berusia 2 bulan, kemampuan motoriknya sudah mulai berkembang

https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/perkembangan-bayi-usia-2-bulan

Pada saat bayi berusia 2 bulan, kemampuan motorik bayi sudah mulai berkembang. Hal yang paling perlu kita sadari adalah kita perlu mengetahui bahwa pada usia ini bayi sudah mulai memasukkan tangannya ke dalam mulut, sebenarnya kita bisa membiarkan jika sang bayi memasukkan tangannya ke mulutnya karena itu adalah hal baik yang tidak perlu kita permasalahkan. Tetapi kita perlu menjaga agar disekitar bayi tidak terdapat benda-benda kecil yang bisa tidak sengaja dipegang oleh bayi kita lalu ia dimasukkan ke dalam mulutnya, karena itu akan membahayakan kesehatan sang bayi yang pada usia ini bahkan sebaiknya dianjurkan agar hanya mengkonsumsi ASI.

Perbanyaklah mainan dengan penuh warna disekitarnya, dianjurkan untuk menggantung mainan-mainan itu disekitar bayi karena sang bayi sudah mulai menyukai warna-warna dan akan cukup nyaman dengan berbagai warna yang berada disekitarnya. Pada usia ini bayi sudah mulai bisa mengepal suatu benda yang ia suka dengan cukup kuat, tetapi satu hal yang perlu kita ketahui bahwa memang sang bayi sudah mulai bisa mengepat benda-benda yang disukainya tetapi biasanya pada usia 2 bulan seorang bayi masih belum paham cara untuk melepaskan benda yang ia pegang sehingga sebagai orang tua, kita perlu membantunya untuk melepaskan mainan yang dipegang oleh sang bayi.

Sebagai orang tua, kita perlu terus berada didekat bayi kita apalagi jika bayi itu berusia 2 bulan. Itu karena pada usia ini dia sudah akan mulai mengenal kita dan ia juga akan cukup nyaman jika terus berada bersama orang yang selalu berada di sampingnya.  Seperti yang kita ketahui, seorang bayi akan mulai mengenal orang tuanya dari suaranya karena ia mulai bisa mengenali suara yang selalu berada di sampingnya. Sang bayi juga sudah mengenal orang tuanya lewat penglihatannya karena indra penglihatannya sudah mulai berfungsi untuk membantu otak untuk mengingat sesuatu. Kita juga tentu tidak mau kehilangan momen-momen menakjubkan ketika bayi kita berusia 2 bulan, jadi kita perlu terus berada di sampingnya untuk memantaunya.